9/30/2020

Cara Memperbaiki Power Amplifier Dengung

Dengung pada power amplifier bisa bermacam-macam penyebab kerusakannya seperti transistor final short, transistor driver short, grounding tidak benar, atau mungkin juga komponen lain yang tidak terduga.

Dari banyaknya penyebab power amplifier dengung, saya akan berikan langkah demi langkah untuk membantu mencari dan menemukan biang permasalahannya berdasarkan ciri-ciri dengung itu sendiri.


Power Amplifier Dengung Disertai Daun Speaker Terdorong Keluar Atau Tertarik Kedalam

Kerusakan semacam ini sangat sering terjadi. Namun tidak usah panik, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

  • Gunakan multitester sekala 1K atau 10K
  • Saat mengecek tangan jangan menyentuh ujung proble atau pun kaki komponen.
  • Lepas terlebih dahulu komponen yang akan di cek.
  • Cek transistor final, biasanya transistor final yang sering menyebabkan power amplifier dengung dengan speaker terdorong keluar atau tertarik kedalam. Jika memang benar transistor final ada yang short anda jangan senang dulu, karena biasanya transistor final short akan mengajak komponen disekitarnya ikut mati.
  •  Jika transistor final masih bagus semua cek transistor driver, biasanya transistor driver short atau setengah short. Itulah gunanya menggunakan multitester skala 1K atau 10K untuk mengetahui jika transistor setengah short. 
  • Jika masih belum ketemu juga, cek semua komponen aktif pada driver seperti dioda, transistor kecil. Karena kerusakan semacam ini pasti disebabkan komponen aktif yang short atau putus.


Power Amplifier Dengung Daun Speaker Bergetar Hebat

Yang satu ini mungkin sedikit rumit dan letak masalahnya sering tidak terduga. Berikut langkah-langkah untuk mencari titik kerusakannya.

  • Coba shotkan input driver power ke ground, apakah dengung masih ada.?
  • Jika dengung hilang berarti kerusakan bukan pada driver power nya tapi kerusakan ada pada tone control. cek supply tone control, potensio dan sistem grounding.
  • Jika dengung masih ada, cek apakah dengung ada pada kedua chanel L dan R.? Jika ya, berarti kerusakan ada pada power supply, Biasanya elco kering atau dioda bocor. Jika dengung hanya ada pada salah satu chanel R atau L,maka kerusakan ada pada driver power.


Power Amplifier dengung pelan (noise)

Gejala dengung pelan, berdesis atau noise hampir dialami semua power amplifier tapi terkadang noise ini sangat kecil hampir tak terdengar dan bisa diabaikan. Namun jika noise ini sedikit lebih keras pasti akan sangat mengganggu. Kerusakan semacam ini sering disebabkan  oleh :

  • Sistem grounding kurang baik. 
  • output power supply tidak rata. Disebabkan elco kering
  • Power supply kipas pendingin diambil dari power supply amplifier atau tone control.

Baca : sistem grounding pada power amplifier


Power Amplifier Dengung Saat Box Disentuh Dengung Hilang

Dengung jenis ini hanya masalah ground bodi yang kurang tepat. Cara mengatasinya adalah :

  • Pasang kabel dari CT power supply lalu sambungkan dengan bodi box power amplifier, sampai disini biasanya dengung sudah hilang.
  • Jika dengung masih ada, pasang kabel dari bodi box dan tancapkan ke tanah.


Power Amplifier Dengung Saat Potensio Disentuh

Suara hum atau noise muncul saat potensio volume, bass, treable, middle atau yang lainnya disentuh. Ini bertanda bahwa bodi potensio belum mendapat ground yang benar.

  • Jika box power amplifier tidak menggunakan bahan logam, atau tempat memasang potensio bukan berbahan logam, maka diperlukan ground pada bodi potensio dengan cara menyambung jalur CT power supply ke masing-masing bodi potensio.
  • Jika box terbuat dari logam, maka pemasangan ground pada box sudah cukup.


Power Amplifier Dengung Setelah Ditambah Modul Mp3 Player

Sebelum ditambah modul Mp3 player baik itu yang bluetooth atau yang biasa, power amplifier baik-baik saja tidak dengung dan bersih dari noise. Namun setelah menambah modul Mp3 player power amplifier malah jadi dengung atau noise.

Kejadian ini sangat umum terjadi, namun ada beberapa Mp3 player yang tidak menimbulkan noise saat dipasang pada power amplifier atau speaker aktif. Jika anda mengalami hal seperti diatas jangan langsung keburu ganti modul MP3, itu bukan kerusakan modul Mp3 tapi karena skema dan rangkaian pada modul Mp3 yang berbeda beda. Ini yang jarus anda lakukan.

  • Power supply Mp3 player jangan digabung dengan supply Power amplifier atau tone control. Seperti contoh tegangan power amplifier diambil melalui resistor kemudian diturunkan dengan IC 7812 lalu dipakai untuk supply Mp3 player.
  • Beri power supply tersendiri untuk MP3 player. Ini sangat efektif menghilangkan noise yang mengganggu dari Mp3 player. Bisa dibuatkan power supply tersendiri dari tegangan ekstra trafo

Jika jenis kerusakan power amplifier dengung tidak tertera diatas silahkan ajukan dikolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan pada kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti. Kami akan berusaha secepat mungkin merespon komentar anda.