10/02/2020

Mendeteksi Kerusakan Defleksi Vertikal Pada TV CRT

Pengertian Defleksi Vertikal

Defleksi vertikal pada TV CRT adalah bagian yang berfungsi untuk menggerakan sinar elektron di dalam tabung CRT dari bagian atas sampai ke bagian bawah layar.

Defleksi vertikal sendiri terdiri dari beberapa bagian dan fungsi masing-masing yaitu :

  • IC jungle, adalah otak dari semua rangkaian pada TV termasuk pengendali bagian vertikal. Generator sinyal verical dan sinkronisasi diolah disini.
  • IC Penguat, bertugas sebagai penguat sinyal vertikal dari IC jungle yang kemudian diumpankan pada defleksi yoke.
  • Defleksi yoke. Adalah pembangkit medan magnet untuk menggerakan elektron di dalam tabung CRT.


Berikut adalah macam-macam jenis kerusakn vertikal dan cara mengatasinya.


Gambar Satu garis

Vertikal hanya satu garis putih melintang dari kanan kekiri layar.

  • Solder ulang semua kaki IC vertikal. Sering terjadi solderan longgar karena IC ini sangat panas terlebih pada TV jenis slim.
  • Cek tegangan VCC vertical, tegangan supply vertikal berkisar 26 volt,Pastikan tegangan ini ada dan sampai pada pin VCC IC vertikal.
  • Cek pin input IC vertical, saat TV bekerja seharusnya pada pin ini ada tegangan sekitar 2 volt. Atau jika punya alatnya bisa langsung cek pin ini dengan osiloscop dan melihat jelas gelombang segitiga atau gigi gergaji pada pin ini.
  • Jika pengetesan diatas dipastikan masih bagus, ganti IC vertikal nya. Ganti IC vertikal dengan tipe yang sama seperti bawaan aslinya. Karena banyak tipe IC vertikal yang bisa saling menggantikan namun berbeda kemampuan seperti LA78141, LA78040, LA78045, STV9302, AN5522.
  • Sebelum mengganti IC vertikal sebaiknya ganti terlebih dahulu elco 100uf 35 volt atau 100uf 50 volt
  • Jika setelah penggantian layar masih tetap satu garis, sentuh pin input pada IC vertikal sambil mengamati garis pada layar, jika gatis begerak lari-lari bararti bagian penguat vertikal sudah bekerja, Cek kapasitor pada pin ramp generator IC jungle. Jika garis hanya diam berarti bagian penguat vertikal belum bekerja, Cek kabel defleksi yoke bagian vertikal.

Pernah ditemui juga setelah penggantian IC vertikal layar tetap hanya satu garis, Setelah diselidiki ternyata IC vertikal baru dari toko tidak berfungsi, setelah dilakukan penggantian lagi barulah vertikal mau membuka.

Baca pengalaman : Memperbaiki TV LG Vertikal Tidak Bekerja


Vertikal Hanya Membuka Bagian Bawah Saja

Gambar hanya separuh layar yaitu bagian bawah saja sedangkan bagian atas gelap dan ditengah tengah nampak garis terang sebagai pembatas.

  • Ganti dioda dumper, biasanya dioda ini tidak terdeteksi kerusakannya karena saat di test dioda ini tidak shot atau putus, namun saat TV dinyalakan bagian pump up IC vertikal tidak mendapat tegangan yang berarti dioda tidak mengalirkan tegangan dari VCC ke pin pump up. Dioda bisa diganti dengan IN4007.
  • Jika mengganti dioda tidak membuahkan hasil, ganti IC vertikal, mungkin pin pump up IC vertikal sudah tidak berfungsi.


Gambar Menyempit Atas Bawah

Gambar hanya dibagian tengah layar saja, sedangkan bagian atas dan bawah gelap.

  • Cek elco 2200uf 25 volt atau 1000uf 25 volt. Elco ini sering ditemui dalam keadaan kering atau berkurang kapasitasnya.


Gambar Menyempit dan Bergelombang

Gambar menyempit atas bawah disertai gambar bergelombang adalah tanda bahwa salah satu lilitan defleksi vertikal putus.

  • Untuk memastikannya lepas solderan lilitan defleksi vertikal semuanya ada dua lilitan, cek satu persatu menggunakan multitester.
  • Jika benar ada yang putus, lepas defleksi yoke dari leher tabung, namun sebelumnya tandai terlebih dahulu cincin magnet konvergen dengan spidol agar tidak berubah posisi saat memasangnya kembali.
  • Sebelum membongkar defleksi yoke amati terlebih dahulu lilitan vertikal dari luar, jika ditemukan ada lilitan yang putus atau korosi langsung saja disambung tanpa bongkar yoke.
  • Namun setelah diamati dari luar tidak ditemukan lilitan yang putus, berarti lilitan yang putus ada dibawah. terpaksa yoke harus dibuka.


Gambar Bergaris Dibagian Atas

Kerusakan ini disebabkan oleh keringnya elco pump up vertikal dengan nilai 100uf 35 volt atau 50uf 50volt. elco ini sering sekali didapati dalam keadaan kering karena letaknya yang terlalu dekat dengan heatsink IC vertikal yang memang sangat panas saat bekerja.


Gambar Melipat Disertai Garis Terang Dibagian tengah

Gejala seperti ini sebabkan kurangnya tegangan supply VCC IC vertikal.

  • Cek elco VCC IC vertikal, biasanya kering.
  • Cek resistor fuse yang mengalirkan tegangan dari flyback menuju VCC IC vertikal. Kemungkinan resistor ini nilainya molor.
  • Cek tengangan B+. Jika tegangan B+ drop maka semua output flyback ikut drop.
  • Flyback rusak. Tegangan output flybak untuk IC vertikal drop.


Gambar Blank Disertai Warna Pelangi

Masalah seperti ini hanya terjadi pada TV yang menggunakan dobel VCC untuk supply IC vertikal nya. Setelah di start TV memunculkan gambar blank putih disertai warna pleangi tipis dibagian bawahnya lalu TV kembali protek.

  • Solder ulang kaki IC vertical, jika TV belum pernah diservis kemungkinan besar hanya solderan dikaki IC vertikal kendor.
  • Cek tegangan IC vertikal, cek kedua tegangan + dan -.
  • Cek tegangan pada pin input, saat cek tegangan ini TV sambil dipencet tombol start, sesaat sebelum TV kembali protek seharusnya ada tegangan sekitar 2 volt pada pin ini.
  • Ganti IC vertikal.


IC Vertikal Panas

IC vertikal sangat panas padahal TV baru dinyalakan sebentar. Kasus ini sering dijumpai pada TV jenis slim, menurut saya hal ini normal dan aman, sebab TV jenis slim yang pernah saya temui semua IC vertikalnya memang panas. Claim ini bukan tanpa alasan karena pada kenyataannya dalam praktek memang begitu. Salah satu contoh TV milik tetangga saya dengan merk Polytron XBR 123 slim setelah selesai servis TV dites dan hanya setengah jam IC vertikal sudah panas bukan main. Karena penasaran, saya tes TV sampai dua hari nonstop dan IC vertikal aman-aman saja. Karena masih juga penasaran saya beri garansi 1 bulan dan sampai saat tulisan ini dibuat sekitar 2 tahun TV masih lancar jaya tanpa kendala.

Mungkin penyebab IC vertikal sangat panas adalah lilitan yoke pada TV slim memiliki impedensi yang kecil sehingga IC vertikal harus bekerja keras untuk mendrive lilitan tersebut. Disamping itu, sudut pembelokan elektron yang tajam pada TV slim membutuhkan tenaga lebih dari kedua belah pihak yakni defleksi horizontal dan vertikal.

Yang terpenting adalah kualitas IC vertikal itu sendiri dan jangan lupa selalu gunakan slicon grease agar panas IC vertikal benar-benar tersalurkan ke heatsink.


IC Vertikal Langsung Rusak Setelah Diganti Baru

Setelah IC vertikal diganti baru dan TV dicoba nyalakan namun bukannya gambar yang muncul malah IC vertikal rusak lagi bahkan parahnya lagi IC vertikal sampai pecah.

  • Cek tegangan supply IC vertikal, cek saat IC vertikal dalam keadaan dilepas, jangan dibiarkan tertancap IC vertikal yang sudah pecah tadi buang saja. 🤣
  • Cek defleksi yoke vertikal kemungkinan besar lilitan short, karena defleksi vertikal ada dua lilitan ini akan memudahkan kita dalam membedakan resistansi kedua lilitan tersebut. Lilitan dengan resistansi lebih kecil adalah lilitan yang short. Terserah mau dililit ulang atau ganti baru.
  • Kemungkinan terakhir pin input IC vertikal mendapat tegangan DC bukan tegangan AC dengan gelombang gigi gergaji ini hanya bisa dibuktikan menggunakan osiloscop tapi hal ini jarang ditemui.


Sekian tulisan saya tentang macam-macam jenis kerusakan vertikal dan cara memperbaikinya. semoga rezeki kita semakin lancar. Amin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan pada kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti. Kami akan berusaha secepat mungkin merespon komentar anda.