6/02/2019

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Polytron Mati Hidup Sendiri

     Jam 7 malam tetangga depan rumah datang memikul speaker aktif Polytron miliknya. Setelah meletakkan speaker aktifnya disamping meja kerja dan bertanya "ini kenapa ya speaker aktif saya kalau diyalakan dengan volume besar sering mati hidup sendiri, tapi kalau volume kecil tidak apa-apa.?" Sambil meletakkan solder saya
menjawab "tolong belikan rokok kesukan saya, nanti speakermu beres". Tanpa bertanya lagi si tetangga langsung kalang kabut beranjak buru-buru untuk membelikan saya rokok. He..he.. enaknya jadi tukang servis.

     Sementara tetangga pergi membelikan saya rokok, speaker aktif polytron pun saya buka. Ternyata speaker aktif polytron ini tipe PAS 28. Kerusakan seperti ini disebabkan timah solderan retak, jadi jika terkena getaran bass kadang terhubung kadang terputus dan menyebabkan speaker mati hidup. saya amati dengan seksama timah solderan satu persatu terutama dibagian regulator AC matic. ternyata benar, pada kaki trafo terlihat solderan sudah pada retak. Saya lakukan solder ulang tidak hanya pada bagian yang terlihat retak tapi juga pada bagian yang panas, seperti Transistor final, fet, dan lainnya.

     Setelah selesai tanpa cek sana-sini lagi, dengan percaya diri speaker aktif pun langsung saya tutup. Dan saya tes dengan volume 80% bass100% treeble 100%. Wooiii ingat brow.. ini jam 7 malam..!!! Tapi tidak apa-apa tetangga disini sudah pada maklum dengan propesi saya sebagai tukang servis.

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Polytron Hidup Mati Sendiri
Posisi solderan retak

     Semua normal, semua lancar. Saat speaker aktif sedang dinyalakan dengan keras, si tetangga pemilik speaker pun datang sambil membawakan saya dua bungkus rokok, dan bertanya "sudah jadi brow.? Cepet banget.? Apanya yang rusak.?" Sambil senyum saya menjawab "gak rusak, cuma kangen sama tukang servis aja aja"

Baca lebih banyak cara memperbaiki speaker aktif polytron disini: Cara Memperbaiki Speaker Aktif Polytron

5 komentar:

  1. Gini bang,,speaker saya kalau dengar musik bunyi,tapi tiba" mati,,,
    Kalau bagian belakangnya di pukul baru nyala lagi

    Kira" itu karna apa ya??

    BalasHapus
  2. Bang speaker aktif rcf 18 saya , sedang musikan tiba tiba mati.saya liatin aja kan sambil bengong n sruput kopi gak lupa rokok sampoerna kretek sebatang..pas rokok abis tiba" dia lanjut nyala normal..durasi 20 menit tiba tiba mati lagi bang.kira kira kenapa ya? Apa saya harus nyruput kopi dan rokok sebatang dulu sambil plonga plongo biar nyala lagi??wkwkwk makasih bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dengerinya sambil goyang pargoy, atau paling tidak duduk dengan sedikit mengoyangkan kaki bagian tumit sebelah kanan akan mengatasi masalah anda.

      Hapus

Jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan pada kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti. Kami akan berusaha secepat mungkin merespon komentar anda.