7/11/2019

Memperbaiki TV CRT Polytron Gambar Redup

Pada umumnya kerusakan pada TV CRT gambar redup disebabkan kerusakan seperti tegangan screen drop, rusaknya kapasitor screen, socket CRT, atau FBT. Di lain kasus juga pernah ditemui TV CRT layar redup disebabkan oleh kerusakan jalur ABL. Tapi kali ini kedatangan TV CRT Polytron gambar redup dengan kasus yang berbeda. Berikut penelusuran dan proses perbaikannya.


Ciri-ciri Kerusakan

TV ini saat dinyalakan gambar nampak redup warna blueback hampir tidak terlihat, sedangkan logo Polytron nampak tipis samar-samar.

TV Politron layar redup
TV polytron gambar redup

Penelusuran dan Perbaikan


Saya coba memutar potensio screen sampai maksimal, sedikit ada perubahan, namun masih sangat gelap. Mungkin tegangan screen, cek tegangan screen 300 volt normal. Cek tegangan video 180 volt juga normal. Cek tegangan heater 6 volt masih OK. Mungkin ABL, telusuri pin ABL semua normal. Wah kayaknya bakal ada perang besar dengan TV ini. Baiklah saya suruh istri siapkan alat tempur andalan, yaitu kopi hitam panas. Hehe..

Lanjut ganti kapasitor screen yang ada di rangkaian RGB namun tetap tidak ada perubahan. Saya coba shortkan groud ke katoda blue, sejenak terlihat warna biru muncul tapi kurang terang dan tidak ada garis blanking sama sekali. Saya coba sortkan katode green dan red sama saja warna muncul tapi tidak cerah. Biasanya jika salah satu katoda dishortkan ke groud akan keluar warna terang disertai garis blangking. Tapi ini kok tidak..? Hemm...

Mulai ketemu sumber permasalahan gambar redup pada TV ini, mungkin diantara pembaca sudah bisa menebak apa kerusakannya. Yupp.. benar kerusakan TV CRT Polytron gambar redup ini disebabkan karena lemahnya tabung CRT itu sendiri. Lalu apa yang harus saya lakukan..? Mungkin tembak tabung..? jujur saya belum pernah menemui tabung lemah pada ketiga katoda nya sekaligus, ini membuat saya ragu untuk menembaknya, tapi dipikir-pikir apa lagi yang bisa saya lakukan selain tembak tabungnya..?

Akhirnya tembak tabung pun dilakukan pada semua katodanya dan alhamdulilah gambar bisa terang sempurna lagi. Bagi yang belum tau, anda bisa baca cara mudah tembak tabung menggunakan raket nyamuk. Setelah tembak tabung tidak lupa saya lakukan ajust white balance agar gambar sempurna seperti baru lagi.

TV polytron layar redup
Setelah perbaikan

Mudah-mudahan pengalaman saya memperbaiki TV CRT Polytron gambar redup dapat bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan pada kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti. Kami akan berusaha secepat mungkin merespon komentar anda.