10/03/2020

Memperbaiki Speaker Aktif Polytron Lama Hidup

Siang hari saya mendapat telepon dari seorang teman jauh yang mengeluhkan speaker aktif polytron miliknya rusak dengan gejala hidupnya lama, jika dihidupkan harus menunggu setengah jam, kadang 10 menit, kadang 5 menit baru speaker mau menyala. Tapi, setelah speaker nyala normal gak ada masalah bahkan dipakai sampai berjam-jam pun ngak ada masalah.

Heem.. Jujur saya belum pernah menemui kasus seperti ini, tapi apa salahnya dicoba. Lalu saya suruh teman saya tersebut untuk mengantarkan saja speaker aktif nya ke rumah.

Baca lebih banyak : memperbaiki speaker aktif polytron

Singkat cerita, akhirnya speaker pun diantar kerumah. Saya yang memang dari tadi lagi pusing dengan kasus TV yang belum kunjung selesai akhirnya teralihkan perhatian ke speaker aktif polytron teman saya tersebut karena katanya speaker aktif polytron ini harus jadi sore ini sebab nanti malam mau dipakai untuk karokean. Baiklah langsung saja saya bongkar siang ini juga kataku. Oke saya tunggu katanya


Mencari Kerusakan

Sebelum saya bongkar, saya test terlebih dahulu dengan menyalakan speaker aktif tersebut. Ternyata benar saja setelah swich ON OFF dinyalaka speaker tidak langsung hidup dan harus menunggu lama barulah speaker mau nyala.

Langsung saja saya buka tutup belakang, saya lepas dan saya balik mesin power yang menempel pada tutup belakang agar mampak pada bagian jalur PCB nya. Saya test output power supply dengan hati-hati karena power supply menggunakan power supply AC matic takut salah sentuh nyetrum. Hehe..

Dalam pengetesan, diketahui tegangan output power supply tidak langsung keluar saat sepeaker aktif dinyalakan, ini bertanda bahwa power supply AC matic tidak langsung bekerja ketika mendapat tegangan dari listrik. Jadi yang rusak adalah bagian primer AC matic.

Saya cek satu persatu komponen pada bagian primer AC matic dari mulai mosfet, transistor, dioda, resistor, kapasitor, sampai komponen NTC juga saya cek namun tidak membuahkan hasil. Haduh... sudah memakan waktu satu jam namun belum ketemu juga biang kerok nya. Saya tinggal istirahat sejenak sambil menyuruh istri membuat dua gelas kopi hitam lalu gobrol dengan teman pemilik speaker tersebut.

Setelah pikiran cukup tenang pekerjaan pun saya mulai kembali. Kali ini saya fokus mempelajari dan memvisualisasikan cara kerja komponen-komponen yang ada dibagian primer AC matic. Setelah melamun cukup lama barulah saya mengerti bahwa ada dua transistor T501 dan T502 yang bertugas sebagai softstar sedangkan T505 bertugas sebagai pencacah tegangan pada pin gate fet. Maka yang terjadi disini adalah delay pada komponen softstar yang seharusnya hanya sepersekian detik manjadi panjang sekian menit itulah sebabnya kenapa speaker aktif polytron ini lama hidup. Dari kesimpulan diatas, kerusakan bisa ditebak antara T501, T502 atau C521. Tapi mengapa pada saat pengecekan tadi tidak rusak.?

Karena penasaran saya cabut kedua transistor T501 dan T502 untuk dilakukan pengetesan ulang, kali ini saya menggunakan multitester skala 10K agar mampu membaca kebocoran kecil pada transiator. Setelah dites ternyata benar kedua transistor tersebut bocor sedikit. Mungkin ini yang disebut bocor alus 🤣


Proses Perbaikan

Setelah ditemukan sumber masalahnya, penggantian komponen pun dilakukan namun bukan dengan yang baru cukup dengan bekas cabutan saja, karena kebutulan stok transistor tersebut tidak ada. jadi ngak modal 🤣. Setelah selesai diganti speaker coba dinyalakan, dan biyarrr speaker aktif langsung menyala seketika. Coba matikan lagi, dan kembali dihidupkan, dan biyar speaker aktif menyala seketika. Terus aja gitu sampai sore 🤣

Karena sudah dipastikan speaker aktif polytron ini sudah tidak lama nyala lagi maka saya tutup kembali dengan rapi. Sambil ngobrol dan menghabiskan kopi speaker aktif polytron tersebut kami hidupkan untuk mendengar lagu-lagu DJ slow, full streaming loh yah.. Bukan dari memori..

Mungkin ada yang sedang mengalami masalah yang sama yakni speaker aktif polytron hidup lama sama seperti kasus diatas ini bisa dijadikan referensi dan bermanfaat.

Semoga rejeki kita terus lancar. Amin


2 komentar:

  1. Kakak, Active speaker pass 77 saya mati total, tetapi jika salah satu bodi komponen power supply di sentuh langsung hidup, misal bodi pendingin fet 7n65. Jika power dilepas akan mati kembali.
    Menyentuh bodi power supply akan memberikan kejut atau kesetrum.
    Mohon pencerahannya.

    BalasHapus

Jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan pada kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti. Kami akan berusaha secepat mungkin merespon komentar anda.