10/21/2020

Cara Menghilangkan Dengung Pada Modul MP3 bluetooth

Seringkali saat manambah modul Mp3 pada power amplifier atau speaker aktif akan menimbulkan dengung atau noise, padahal sebelum dipasang modul Mp3 suara bersih tidak ada dengung sama sekali. Apakah mungkin ada cacat rangkaian pada Modul.? Atau kesalahan saat instalasi modul.? 

Berikut kita akan bahas penyebab dan cara mengatasi modul Mp3 bluetooth menimbulkan dengung pada power amplifier atau speaker aktif.

Dengung yang ditimbulkan oleh modul mp3 bluetooth ataupun modul Mp3 biasa ada tiga macam yaitu :

  • Dengung mengikuti mode pada Mp3 player, contoh pada mode bluetooth akan terdengar suara teet..teet.. Sedangkan pada mode LINE IN tidak ada.
  • Dengung monoton, dengung yang tetap ada meskipun mode diganti.
  • Gabungan kedua jenis dengung diatas.

Hal demikian wajar dan bukan kesalahan atau cacat pada rangkaian modul Mp3 bluetooth, hanya saja ada yang perlu diperbaiki pada rangkaian instalasi modul Mp3 bluetooth nya.

Berikut adalah beberapa langkah untuk mengatasi modul Mp3 bluetooth yang menimbulkan dengung atau noise :

  • Jangan mengambil tegangan dari tone control atau rangakaian sensitif lainnya untuk menyuplai tegangan modul Mp3.
  • Jika tegangan utama power amplifier dibawah 35 volt CT, ambil supply modul dari sini dengan menggunakan IC 7812 sebagai regulasi. skema rangkaian ada dibawah posting.
  • Jika masih ada dengung, ambil sepotong kabel serabut yang besar solder salah satu ujung kabel ke GND power supply utama ujung satunya lagi solder ke besi input USB pada modul Mp3 player.  Kabel harus besar dan sependek mungkin. Ini beguna untuk mengurangi resistansi GND yang menyebabkan dengung.
  • Jalan terakhir jika modul Mp3 masih tetap dengung adalah memberi supply terpisah, bisa ambil supply dari tegangan ekstra trafo jika ada dan belum digunakan untuk yang lainnya. Jika tidak ada bisa juga menggunakan trafo kecil atau regulator AC matic 12 volt. Cara ini dijamin ampuh untuk mengatasi modul Mp3 player yang dengung, namun kelemahannya kita harus mengeluarkan uang lebih untuk membuat power supply terpisah.

Menurut pengalaman saya, beberapa cara diatas sudah lebih dari cukup untuk mengatasi modul Mp3 player yang menimbulkan dengung saat disatukan dengan perangkat sound.

Demikian sedikit catatan pengalaman saya menghilangkan dengung pada modul mp3 bluetooth, semoga bermanfaat.

Cara Menghilangkan Dengung Pada Modul MP3 bluetooth
Skema supply modul Mp3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan pada kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti. Kami akan berusaha secepat mungkin merespon komentar anda.