5/23/2019

CARA MENAMBAL FLYBACK (FBT) YANG BOCOR

     Menambal flyback / fbt yang bocor memang memerlukan ketelatenan dan kesabaran. Kenapa tidak langsung saja ganti flyback dengan yang baru..? Menurut saya, keoriginalan dari komponen itu penting karena kualitas barang dipasaran belum tentu baik, apa lagi barang KW. Jika flyback bawaan masih bisa dimanfaatkan kenapa tidak.? Sekalian ngirit modal servis biar bisa untung banyak 😂


kebocoran flyback dapat terjadi pada kop anoda, kabel, atau pada bodi flyback itu sendiri. Berikut beberapa pengalaman saya dalam menambal flyback yang bocor :

Sebaiknya sebelum melakukan penampalan cek dulu tegangan B+. Sebab jika tegangan B+ naik maka tegangan tinggi anoda akan ikut naik dan kebocoran tegangan tinggi anoda akan sulit untuk di tambal.

1. Flyback (FBT) bocor pada kop anoda / kop tabung

Ini adalah kerusakan paling sering terjadi, biasanya disebabkan karena karet kop sudah lemah, mengatasinya sangatlah mudah cukup dengan mengganti karet kop nya dengan yang baru atau dari bekas flyback lain yang karet kopnya masih bagus.
Namun pada kerusakan yang parah tabung CRT juga ikut tergores akibat dari semburan elektron yang terus menerus. Untuk mengatasi ini biasanya saya menggunakan Sealer, plitur, melamic, atau lem aibon. Dari beberapa pilihan tersebut saya lebih suka pakai melamic, caranya tambahkan thiner, minyak cat, atau bensin juga bisa agar tidak terlalu kental. Lalu oleskan secara merata mengelilingi lubang anoda CRT, usahakan jangan terlalu tebal cukup untuk meratakan
goresan, tunggu beberapa saat lalu pasang karet kop flyback.

2. Flyback (FBT) Bocor Pada Kabel anoda

Bocor bisa terjadi pada pangkal,di tengah-tengah, atau diujung kabel.
Jika bocor terjadi di ujung kabel dekat kop karet mudah saja tinggal potong buang yang bocor dan pasang kop kembali kopnya.
Namun jika bocor di tengah atau dipangkal flyback tidak ada cara lain untuk mengatasi masalah ini kecuali dengan mengganti kabel anodanya. Untuk mengatasi yang satu ini kita akan butuh mesin bor dengan mata bor ukuran 3 mm atau 3,5 mm, lem super seperti allteco atau sejenisnya, dan kabel anoda yang masih bagus.
Caranya;
  • Potong kabel di pangkal Flyback,
  • Bor sisa kabel didalam Flyback sedalam 1,5 sampai 2 cm.
  • Bersihkan sisa kabel di dalam lubang pengeboran,
  • Pastikan didalam lubang terlihat sisa serabut kabel anoda yang lama,
  • Kupas sedikit ujung kabel anoda yang baru sampai serabut terbuka sepanjang 0,5 cm, lalu masukkan kelubang hasil bor,
  • Lalu lem dengan lem super alteco atau sejenisnya sambil kabel sedikit digoyang-goyang agar lem bisa masuk sampai kedalam, tambahkan terus lem sampai lubang penuh.
  • Tunggu hingga kering.
  • Selesai

3. Flyback (FBT) bocor pada bodi

Kebocoran pada bagian bodi sebaiknya tidak usah ditambal lagi. Karena dihawatirkan Flyback tidak akan awet sebab lilitan didalam Flyback pasti sudah kena dampaknya, mungkin sudah terbakar sebagian atau semacamnya. Lebih baik ganti baru saja.

Beberapa cara diatas sudah saya coba dan terapkan sendiri dan hasilnya awet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan pada kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti. Kami akan berusaha secepat mungkin merespon komentar anda.