5/27/2019

TIPS AGAR HASIL SERVISAN AWET

Sebagai tukang servis elektronik hal paling memalukan adalah jika klien membawa kembali barang hasil servisan dan komplain jika barang yang kita servis rusak lagi, baik dengan keluhan yang sama atau berbeda. Untuk menghindari kekecewaan klien, saya sendiri menerapkan servis
bergaransi yaitu 1 bulan, ini bertujuan agar tidak mengecewakan dan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Meskipun saya tau ini sangat beresiko untuk rugi, tapi allhandulillah sangat jarang sekali klien yang komplain rusak lagi bisa dibilang 50:1.

Berikut adalah beberapa tips yang saya terapkan agar hasil servisan bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak lagi


  • Cek Tegangan
Pastikan tegangan semua tegangan sesuai kebutuhan, tidak kurang atau lebih. baik itu TV, Receiver, Speaker Aktif, Amplifier dan sebagainya. dimana ketepatan tegangan yang dibutuhkan sangat mempengaruhi keawetan dari komponen.

  • Ketok PCB
Lakukan ketok PCB untuk memastikan tidak ada komponen yang kendor. Dengan cara sedikit diketok dengan obeng atau semacamnya untuk memberikan getaran pada PCB. Jika ada gangguan saat diketok berarti masih ada komponen yang kendor, Lakukan solder ulang.

  • Komponen Sering Rusak
Langsung ganti komponen yang sering mengalami kerusakan meskipun komponen tersebut masih berfungsi. Sebagai tuser kita harus hafal mana saja komponen yang sering mengalami kerusakan.

  • Tes Load

Usahakan tes load dengan waktu yang lama, Ini untuk memastikan semua komponen berfungsi dengan normal. Untuk speaker aktif tes load minimal volume 80%, untuk receiver tes kedua polaritas vertikal dan horizontal.

  • Memberikan Pengarahan

Berikan pengarahan kepada klien hal-hal apa saja yang seharusnya dihindari agar perangkat bisa awet. Kerena kebanyakan mereka awam dan tidak tau sama sekali tentang barang elektronik.

Demikian, semoga tips agar hasil servisan dari saya bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan pada kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti. Kami akan berusaha secepat mungkin merespon komentar anda.