Sebagai tukang servis elektronik hal paling memalukan adalah jika klien membawa kembali barang hasil servisan dan komplain jika barang yang kita servis rusak lagi, baik dengan keluhan yang sama atau berbeda. Untuk menghindari kekecewaan klien, saya sendiri menerapkan servis
bergaransi yaitu 1 bulan, ini bertujuan agar tidak mengecewakan dan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Meskipun saya tau ini sangat beresiko untuk rugi, tapi allhandulillah sangat jarang sekali klien yang komplain rusak lagi bisa dibilang 50:1.Berikut adalah beberapa tips yang saya terapkan agar hasil servisan bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak lagi
- Cek Tegangan
- Ketok PCB
- Komponen Sering Rusak
- Tes Load
Usahakan tes load dengan waktu yang lama, Ini untuk memastikan semua komponen berfungsi dengan normal. Untuk speaker aktif tes load minimal volume 80%, untuk receiver tes kedua polaritas vertikal dan horizontal.
- Memberikan Pengarahan
Berikan pengarahan kepada klien hal-hal apa saja yang seharusnya dihindari agar perangkat bisa awet. Kerena kebanyakan mereka awam dan tidak tau sama sekali tentang barang elektronik.
Demikian, semoga tips agar hasil servisan dari saya bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan pada kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti. Kami akan berusaha secepat mungkin merespon komentar anda.